Minggu, 06 Maret 2011

Nahwu / Arabic Grammar

Nurul Hisyam al-Faqih
MA Miftahul Ulum Puntir Purwosari Pasuruan

الْكَلِمَةُ
Al-Kalimah
Al-Kalimah (kata) adalah lafaz yang mempunyai makna.
1.      Isim
Kata yang menunjukkan atas suatu makna, dimana kata tersebut  tidak terikat dengan waktu. Contoh:    كِتَابٌ ـ بَيْتٌ ـ دِيْنٌ ـ بَابٌ ـ أسْتَاذٌ ـ شَجَرَةٌ

2.      Fi’il
Kata yang menunjukkan atas suatu makna, dimana kata tersebut terikat dengan waktu. Contoh: نَصَرَ ـ كَتَبَ ـ ضَرَبَ ـ جَلَسَ ـ قَتَلَ ـ أَكَلَ
Ciri-ciri Fi’il:
عَلاَمَاتُ الْفِعْلِ
a.        قَدْ : مِثْلُ :{ قَدْ عَلِمَ كُلُّ أُنَاسٍ مَشْرَبَهُمْ} البقرة:60
b.        اَلسِّيْنُ (سَـ)  مِثْلُ : { سَيَجْعَلُ اللهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْرًا} الطلاق:7
c.        سَوْفَ : مِثْلُ : {كَلاَّ سَوْفَ تَعْلَمُوْنَ} التكاثر:4
d.        تَاءُ التَأْنِيْث ِالسَاكِنَةُ : مِثْلُ : {قَالَتْ إِنِّي أَعُوذُ بِالرَّحْمَـنِ مِنكَ إِن كُنتَ تَقِيًّا} مريم : 18

3.      Huruf
Kata yang tidak mempunyai makna yang sempurna kecuali setelah bersambung dengan kata yang lain.
Huruf yang dikategorikan sebagai al-kalimah adalah huruf-huruf ma’any.

الْفَرْقُ بَيْنَ الاِسْمِ وَ الْفِعْلِ
(Perbedaan antara Isim dan Fi’il)
Ciri-ciri Isim: عَلاَمَاتُ الاِسْم
a.     التَّنْوِيْن : مِثْلُ :{ فَلاَ تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَندَادًا وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ} البقرة:22
b.     الخَفْض :مِثْلُ : {بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ} الفاتحة:1
c.     الْأَلِفُ وَاللاَّم : مِثْلُ :{ ذَلِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ ِفيهِ} البقرة:2
d.     حَرْفُ الجَرِّ  : مِثْلُ :{ وَلاَ تَلْبِسُوا الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ} البقرة:42




مَرْفُوْعَاتُ الأَسْمَاء
(Keadaan Dirofa’kannya Isim-Isim)
Kelompok Marfu’atul Asma
‌أ-       الفَاعِلُ
الْفَاعِلُ
(Fa’il)
Fa’il adalah isim marfu’ yang terletak setelah fi’il ma’lum untuk menunjukkan pelaku dari suatu pekerjaan. Contoh:
ضَرَبَ عَلِيٌّ الْكَلْبَ  Ali telah memukul anjing
يَكْتُبُ مُحَمَّدٌ الدَّرْسَ  Muhammad sedang menulis pelajaran
Ketentuan-Ketentuan Fa’il:
1.     Fa’il adalah isim yang marfu
Contoh: نَصَرَ زَيْدٌ مُحَمَّدًا   (Zaid menolong Muhammad) زَيْدٌ  adalah sebagai fa’ilnya karena dia merupakan isim yang marfu مُحَمَّدًا  bukan sebagai fa’il karena dia manshub ذَهَبَ الرَّجُلُ إِلَى السُّوْقِ ( Laki-laki itu pergi ke pasar الرَّجُلُ adalah sebagai fai’ilnya karena dia merupakan isim yang marfu السُّوْقِ  bukan sebagai fa’il karena dia majrur
2.     Fa’il harus diletakkan setelah fi’il. Apabila ada isim marfu’ yang terletak di depan /sebelum fi’il maka dia bukan fa’il Contoh: مُحَمَّدٌ يَكْتُبُ الدَّرْسَ  Muhammad sedang menulis pelajaran. مُحَمَّدٌ bukan sebagai fa’il. Hal ini karena ia terletak di depan fi’il.
Fa’ilnya adalah berupa dhomir mustatir yang terdapat pada fi’il يَكْتُبُ yang taqdirnya adalah هُوَ.
3.     Fi’il yang dipakai adalah fi’il ma’lum. Apabila ada isim mar’fu’ yang terletak setelah fi’il majhul, maka ia bukan sebagai fa’il. Contoh:  ضُرِبَ عَلِيٌّ  Ali dipukul عَلِيٌّ  bukanlah sebagai fa’il karena fi’il yang dipakai adalah fi’il majhul.
4.      Fi’il yang dipakai harus selalu dalam bentuk mufrod Contoh: كَتَبَ الْمُسْلِمُ الدَّرْسَ  Seorang muslim itu menulis pelajaran.
كَتَبَ الْمُسْلِمَانِ الدَّرْسَ Dua orang muslim itu menulis pelajaran.
كَتَبَ الْمُسْلِمُوْنَ الدَّرْسَ  Orang-orang muslim itu menulis pelajaran
5.     Bila fa’ilnya mudzakkar, maka fi’ilnya mufrod mudzakkar. Bila failnya muannats maka fi’ilnya mufrod muannats. Contoh:
شَرِبَ مُحَمَّدٌ اللَّبَنَ  Muhammad telah minum susu
شَرِبَتْ مَرْيَمُ اللَّبَنَ  Maryam telah minum susu
يَشْرَبُ مُحَمَّدٌ اللَّبَنَ  Muhammad sedang minum susu
تَشْرَبُ مَرْيَمُ اللَّبَنَ  Maryam sedang minum susu





أَنْوَاعُ الْفَاعِل
(Macam-Macam Fa’il)
Fa'il Mu'rob Mabni
1. Fa’il yang berupa isim mu’rob نَجَحَ الْمُجْتَهِدُ فِي الاِمْتِحَانِ
2. Fa’il yang berupa isim mabni نَجَحَ الَّذِي اِجْتَهَدَ فِي الاِمْتِحَانِ

Catatan Macam Fa’il:
Alif yang berfungsi sebagai fa’il dinamakan alif itsnain ( أَلِفُ الإِثْنَيْنِ )
Wawu yang berfungsi sebagai fa’il dinamakan wawu jama’ah ( وَاوُالْجَمَاعَةِ)
Nun yang berfungsi sebagai fa’il dinamakan nun niswah ( نُوْنُ النِّسْوَةِ )
Ta’ yang berfungsi sebagai fa’il dinamakan ta’ fa’il ( تَاءُ الْفَاعِلِ )
Ya’ yang berfungsi sebagi fa’il dinamakan ya mukhothobah ( يَاءُ الْمُخَاطَبَةِ )
Catatan Fa’il:
1.      Fa’il tidak harus terletak secara langsung dibelakang fi’ilnya.
Contoh: رَجَعَ مِن الْجَامِعَةِ الطَّالِبُ (Mahasiswa itu telah pulang dari kampus),  ضَرَبَ الْكَلْبَ عَلِيٌّ (Ali memukul anjing)
2.      Apabila fa’il tidak terletak secara langsung dibelakang fi’ilnya, maka untuk fa’il yang muannats, fi’ilnya boleh berbentuk mufrod muannats atau mufrod mudzakkar.
Contoh: شَرِبَتْ اللَّبَنَ مَرْيَمُ Atau: شَرِبَ اللَّبَنَ مَرْيَمُ
3.      Apabila fa’ilnya berupa jamak taksir, maka fi’ilnya boleh berbentuk mufrod mudzakkar atau mufrod muannats.
Contoh:  لَعِبَ الأَوْلاَدُ أَمَامَ الْمَسْجِدِ  Atau:  لَعِبَتْ الأَوْلاَدُ أَمَامَ الْمَسْجِدِ


‌ب-   نَائِبُ الفَاعِلِ
نَائِبُ الفَاعِلِ
(Naibul Fa’il)
Naibul fa’il adalah isim marfu’ yang terletak setelah fi’il majhul untuk menunjukkan orang yang dikenai pekerjaan.
Contoh:  ضُرِبَ الْكَلْبُ (Anjing itu telah dipukul),
يُكْتَبُ الدَّرْسُ (Pelajaran sedang ditulis)

Ketentuan-ketentuan naibul fa’il
1.      Naibul fa’il merupakan isim marfu’. Asal dari na’ibul fa’il adalah sebagai obyek (maf’ul bih) yang mempunyai I’rob nashob. Tatkala failnya dihapus, maka maf’ul bih menggantikan posisi fa’il yang mempunyai I’rob rofa’.
Contoh: نَصَرَ زَيْدٌ مُحَمَّدًا (Zaid menolong Muhammad)
Tatkala fa’ilnya dihapus, menjadi: نُصِرَ مُحَمَّدٌ (Muhammad ditolong)
2.      Naibul fa’il harus diletakkan setelah fi’il. Apabila ada isim marfu’ yang terletak di depan /sebelum fi’il maka dia bukan naibul fa’il.
Contoh: مُحَمَّدٌ نُصِرَ (Muhammad ditolong), مُحَمَّدٌ bukan naibul fa’il. Hal ini karena ia terletak di depan fi’il.
Naibul fa’ilnya adalah berupa dhomir mustatir yang terdapat pada fi’il نُصِرَ yang taqdirnya adalah هُوَ
3.      Fi’il yang dipakai adalah fi’il majhul.
Contoh: ذَبَحَ مُحَمَّدٌ الْبَقَرَ (Muhammad menyembelih sapi)
مُحَمَّدٌ bukan sebagai na’ibul fail karena fi’il yang dipakai bukan fi’il majhul.
4.      Fi’il yang dipakai harus selalu dalam bentuk mufrod
Contoh: قُتِلَالْكَافِرُ (Seorang kafir itu telah dibunuh) قُتِلَ الْكَافِرَانِ (Dua orang kafir itu telah dibunuh) قُتِلَ الْكَافِرُوْنَ (Orang-orang kafir itu telah dibunuh)
5.      Bila naibul fa’ilnya mudzakkar, maka fi’ilnya mufrod mudzakkar. Bila naibul failnya muannats maka fi’ilnya mufrod muannats.
Contoh: نُصِرَ مُحَمَّدٌ              نُصِرَتْ مَرْيَمُ
يُضْرَبُ مُحَمَّدٌ           تُضْرَبُ مَرْيَمُ
6.      Apabila susunan sebelum fa’ilnya dihapus menpunyai dua maf’ul bih (obyek), maka setelah failnya dihapus, maf’ul bih pertama menjadi naibul fail sedangkan maful bih kedua tetap manshub sebagai maf’ul bih.
Contoh:
مَنَحَ مُحَمَّدٌ الْفَقِيْرَ طَعَامًا (Muhammad memberi orang fakir itu makanan)
Tatkala fa’ilnya dihapus, maka fi’ilnya harus dirubah menjadi bentuk majhul. Kemudian maf’ul bih pertama ( yaitu الْفَقِيْرَ ) berubah menjadi naibul fail, sehingga I’robnya menjadi rofa’. Adapun maf’ul bih ke dua ( yaitu طَعَامًا )tetap manshub sebagai maf’ul bih. مُنِحَ الْفَقِيْرُ طَعَامًا (Orang fakir itu diberi makanan)
Catatan Na’ibul Fa’il:
1.      Ketentuan na’ibul fa’il mirip dengan ketentuan yang ada pada fa’il.
2.      Naibul fa’il tidak harus terletak secara langsung dibelakang fi’ilnya.
Contoh: يُقْبَضُ فِى الطَّرِيْقِ السَّارِقُ (Pencuri itu ditangkap di jalan)
3.      Apabila na’ibul fa’il tidak terletak secara langsung dibelakang fi’ilnya, maka untuk na’ibul fa’il yang muannats, fi’ilnya boleh mufrod muannats atau mufrod mudzakkar.
Contoh: نُصِرَتْ فِى الْفَصْلِ مَرْيَمُ (Maryam ditolong di dalam kelas) atau
نُصِرَ فِى الْفَصْلِ مَرْيَمُ (Maryam ditolong didalam kelas)
4.      Apabila na’ibul fa’ilnya berupa jamak taksir, maka fi’ilnya boleh berbentuk mufrod mudzakkar atau mufrod muannats.
Contoh: سُئِلَ الْأَسَاتِيْذُ (Para ustadz ditanya) Atau سُئِلَتْ الْأَسَاتِيْذُ (Para ustadz ditanya)
5.      Terkadang, na’ibul fa’il berupa isim mabni
Contoh: قُبِضَ الَّذِى سَرَقَ الْفُلُوْسَ (Telah ditangkap orang yang mencuri uang) يُفْتَحُ هَذَا الْبَابُ (Pintu ini dibuka) قُتِلَ الْكَافِرُ (Orang kafir itu dibunuh) تُنْكَحُ (Orang itu dinikahi) ضُرِبُوْا (Mereka dipukul)


‌ج-    الْمُبْتَدَأُ والْخَبَرُ
الْمُبْتَدَأُ وَالْخَبَرُ
(Mubtada’ dan Khobar)
Mubtada’ adalah isim marfu’ yang biasanya terdapat di awal kalimat (Subyek)
Khobar adalah sesuatu yang dapat menyempurnakan makna mubtada’ (Predikat)
Contoh: مُحَمَّدٌ طَبِيْبٌ (Muhammad adalah seorang dokter)
الْأُسْتَاذُ مَرِيْضٌ (Ustadz itu sakit)

Ketentuan-ketentuan Mubtada’ dan khobar
1.      Mubtada’ dan khobar merupakan isim-isim marfu’
Contoh: الْوَلَدُ نَشِيْطٌ (Anak itu rajin)
أَبُوْكَ مَاهِرٌ (Bapakmu adalah orang yang pandai)
الْقَاضِى عَادِلٌ (Hakim itu adil)
2.      Mubtada’ dan khobar harus selalu sesuai dari sisi bilangannya.
Contoh: الْمُسْلِمُ حَاضِرٌ (Seorang muslim itu hadir)
الْمُسْلِمَانِ حَاضِرَانِ (Dua orang muslim itu hadir)
الْمُسلِمُوْنَ حَاضِرُوْنَ (Orang-orang muslim itu hadir)
3.      Mubtada’ dan khobar harus selalu sesuai dari sisi jenisnya.
Contoh: الْمُسْلِمُ صَالِحٌ (Orang muslim itu sholeh)
الْمُسْلِمَةُ صَالِحَةٌ (Orang muslimah itu sholihah)
الْمُؤْمِنُوْنَ مُجْتَهِدُوْنَ (Para lelaki mu’min itu orang yang bersungguh-sungguh)
الْمُؤْمِنَاتُ مُجْتَهِدَاتٌ (Para perempuan mu’min itu orang yang bersungguh-sungguh)
أَنْوَاعُ الْمُبْتَدَأِ
(Macam-Macam Mubtada’)
Mubtada' Mu'rob Mabni
1.      Mubtada’ yang berupa isim mu’rob
Contoh: أَللهُ عَلِيْمٌ (Allah Maha Mengetahui)
الْوَلَدَانِ مُجْتَهِدَانِ (Dua anak laki-laki itu orang yang bersungguh-sungguh)
عُمَرُ عَادِلٌ (Umar adalah seorang yang adil)
2.      Mubtada’ yang berupa isim mabni
Contoh:  هَذَا الْكِتَابُ جَدِيْدٌ (Buku ini baru)
هُوَ مُجْتَهِدٌ (Dia seorang yang bersungguh-sungguh)
أَنَا طَالِبٌ (Saya seorang mahasiswa)

أَنْوَاعُ الْخَبَرِ
(Macam-Macam Khobar)
Khobar Mu'rob Murokkab
1.      Khobar Mufrod
Khobar mufrod adalah khobar yang bukan berupa jumlah maupun syibhul jumlah.
Contoh: الْعَامِلُ حَاضِرٌ (Seorang pekerja itu hadir)
الْعَامِلاَنِ حَاضِرَانِ (Dua orang pekerja itu hadir)
الْعُمَّالُ حَاضِرُوْنَ (Para pekerja itu hadir)
2.      Khobar Murokkab
Khobar murokkab adalah khobar yang berupa jumlah atau syibhul jumlah.
a.       Khobar yang berupa jumlah
1)      Jumlah Ismiyah
Contoh: الْوَلَدُ كِتَابُهُ جَدِيْدٌ (Anak laki-laki itu bukunya baru)
الْوَلَدُ أَبُوْهُ حَاضِرٌ (Anak laki-laki itu bapaknya hadir)
الْمَدْرَسَةُ مُدَرِّسُهَا حَضَرَ (Sekolahan itu pengajarnya telah hadir)
2)      Jumlah Fi’liyah
Contoh: الْوَلَدُ حَضَرَ أَبُوْهُ (Anak itu telah hadir bapaknya)
الْمُدَرِّسُ حَضَرَ (Seorang pengajar itu telah hadir)
الْمُدَرِّسُوْنَ حَضَرُوْا (Para pengajar itu telah hadir)
b.      Khobar yang berupa syibhul jumlah
1)      Jer dan Majrur
Contoh: مُحَمَّدٌ فِى الْبَيْتِ (Muhammad di dalam rumah)
الْكِتَابُ عَلَى الْمَكْتَبِ (Buku itu di atas meja)
2)      Dhorof dan Mudhof ilaih
Contoh: مُحَمَّدٌ أَمَامَ الْبَيْتِ (Muhammad di depan rumah)
الْهِرَّةُ تَحْتَ الْمَكْتَبِ (Kucing itu di bawah meja)


Catatan:
1.      Susunan mubtada’ dan khobar membentuk jumlah isimiyah, sedangkan susunan fi’il dan fa’il membentuk jumlah fi’ilyah.
Contoh: الْمُسْلِمُ حَضَرَ (Jumlah isimiyah) حَضَرَ الْمُسْلِمُ (Jumlah fi’liyah)
2.      Apabila khobar berupa jumlah fi’liyah yang fa’ilnya berupa dhomir, maka harus mengikuti mubtada’nya dari sisi bilangan dan jenisnya.
Contoh: الْمُسْلِمُ حَضَرَ                        الْمُسْلِمُوْنَ حَضَرُوْا
الْمُسْلِمَةُ حَضَرَتْ                   الْمُسْلِمَاتُ حَضَرْنَ
3.      Terkadang letak khobar didahulukan daripada mubtada’. Khobar ini dinamakan khobar muqoddam (خَبَرٌ مُقَدَّمٌ) dan mubtada’nya dinamakan mubtada’ muakhkhor (مُبْتَدَأٌ مُؤَخَّرٌ)
Contoh: فِى الْبَيْتِ رَجُلٌ          عِنْدِى فُلُوْسٌ
4.      I’rob dari khobar yang berbentuk murokkab adalah fi mahalli rof’in ( فِى مَحَلِّ رَفْعٍ )

‌د-      اِسْمُ كَانَ
اِسْمُ كَانَ وَ أَخَوَاتِهَا
(Isim Kaana dan Saudaranya)
Kaana dan saudari-saudarinya merupakan fi’il-fi’il yang masuk pada susunan mubtada’ dan khobar sehingga merofa’kan mubtada’ dan menashobkan khobar.
Mubtada’ yang telah dirofa’kan oleh kaana dan saudari-saudarinya dikenal dengan Isim Kaana
Khobar yang telah dinashobkan oleh kaana dan saudari-saudarinya dikenal dengan Khobar Kaana
Contoh: اللهُ عَلِيْمٌ : كَانَ اللهُ عَلِيْمًا                  مُحَمَّدٌ مُجْتَهِدٌ : كَانَ مُحَمَّدٌ مُجْتَهِدًا








Isimnya كان
Isim Kana Mu'rob Mabni
1.      Isim Kaana yang berupa isim mu’rob
Contoh:
كَان الْوَلَدُ نَشِيْطًا                       كَانَتْ عَائِشَةُ صَالِحَةً
كَانَ الْمُسْلِمُوْنَ صَالِحِيْنَ              كَانَتِ الْمُسْلِمَاتُ صَالِحَاتٍ
2.      Isim Kaana yang berupa isim mabni
Contoh:
كَانَ هَذَا الْأُسْتَاذُ عَالِمًا                كَانَ ذَلِكَ الْكِتَابُ مُفِيْدًا
كُنْتُ مُسْلِمًا                             كَانُوْا مُسْلِمِيْنَ
تَصْرِيْفُ كَانَ
Tashrif Kaana
Contoh:
هُوَ مُسْلِمٌ : كَانَ مُسْلِمًا
هُمَا مُسْلِمَانِ : كَانَا مُسْلِمَيْنِ
أنْتِ مُسْلِمَةٌ : كُنْتِ مُسْلِمَةً



Saudari-Saudari Kaana
1.      أَصْبَحَ – أَضْحَى – ضَلَّ – أَمْسَى – بَاتَ (Untuk menunjukkan waktu)
Contoh: بَاتَ الْوَلَدُ نَائِمًا (Anak itu tidur di malam hari)
2.      لَيْسَ (Untuk penafian)
Contoh: لَيْسَ النَّجَاحُ سَهْلاً (Kesuksesan itu tidaklah mudah)
3.      صَارَ (Untuk menunjukkan terjadinya perubahan)
Contoh: صَارَ مُحَمَّدٌ شَابًّا (Muhammad telah menjadi seorang pemuda)
4.      مَادَامَ (Untuk menunjukkan jeda waktu)
Contoh: لاَ تَخْرُجْ مَادَامَ الْيَوْمُ مُمْطِرًا (Jangan keluar selama hari masih hujan)
5.      مَابَرِحَ – مَانْفَكَّ – مَافَتِئَ – مَازَالَ (Untuk menunjukkan adanya kesinambungan)
Contoh: مَازَالَ الْسَارِقُ مُكَدِّرًا (Pencuri itu senantiasa membuat resah)

أَنْوَاعُ خَبَرِ كَانَ
(Macam-Macam Khobar Kaana)
Khobar Kaana Mufrod Murokkab
1.      Khobar Kaana yang berbentuk mufrod
Contoh: كَانَ الْعَامِلُ حَاضِرًا
2.      Khobar Kaana yang berbentuk murokkab
Contoh: كَانَ الْوَلَدُ كِتَابُهُ جَدِيْدٌ                كَان الْمُدَرِّسُوْنَ حَضَرُوْا
كَانَ مُحَمَّدٌ فِى الْبَيْتِ                كَانَ مُحَمَّدٌ أَمَامَ الْبَيْتِ
Catatan Kana:
1.      Apabila isim kaana berupa isim mu’rob, maka kaana selalu dalam bentuk mufrodnya walaupun isim kaana tersebut berupa isim mutsanna atau jamak.
Contoh: كَانَ الْمُسْلِمُ مُجْتَهِدًا                  كَانَ الْمُسْلِمَانِ مُجْتَهِدَيْنِ
كَانَ الْمُسْلِمُوْنَ مُجْتَهِدِيْنَ
2.      Apabila isim kaana berupa isim mabni yang berupa dhomir, maka kaana ditashrif sesuai dengan dhomirnya.
Contoh:  هُوَ مُسْلِمٌ : كَانَ مُسْلِمًا             هُمَا مُسْلِمَانِ : كَانَا مُسْلِمَيْنِ
أَنَا مُسْلِمٌ : كُنْتُ مُسْلِمًا
3.      I’rob dari khobar kaana yang berbentuk murokkab adalah fii mahalli nashbin ( فِى مَحَلِّ نَصْبٍ )

‌ه-      خَبَرُ إِنَّ
خَبَرُ إِنَّ وَأَخَوَاتُهَا
Inna dan saudari-saudarinya merupakan huruf yang masuk pada susunan mubtada dan khobar, sehingga menashabkan mubtada dan merofa’kan khobar.
Mubtada’ yang telah dinashabkan oleh inna dan saudari-saudarinya dikenal dengan Isim Inna.
Khobar yang telah dirofa’kan oleh inna dan saudari-saudarinya dikenal dengan Khobar Inna.
Sehingga istilahnya menjadi berubah, dari mubtada menjadi isim inna dan khobar menjadi khobar inna.
Contoh:
إِنَّ اللهَ حَكِيْمٌ (Sesungguhnya Allah adalah Maha Bijaksana)
إِنَّ عَلِيًّا ذَكِيٌّ (Sesungguhnya Ali adalah Anak yang cerdas)
إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ (Sesungguhnya Agama ini mudah)
Perincian kalimat:
اللهُ حَكِيْمٌ — إِنَّ اللهَ حَكِيْمٌ
عَلِيٌّ ذَكِيٌّ — إِنَّ عَلِيًّا ذَكِيٌّ
الدِّينُ يُسْرٌ — إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ

Saudari-Saudari Inna:
1.      إِنَّ, أَن = Untuk Taukid (Menguatkan sesuatu)
Contoh:
إِنَّ اللهَ مَعَ الصَّابِرِيْنَ (Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar)
وَاعْلَمُوْا أَنَّ النَّصْرَ مَعَ الصَّبْرِ (Ketahuilah sesungguhnya pertolongan itu bersama kesabaran)
2.      لَيْتَ = Untuk berandai-andai
Contoh:
ٌلَيْتَ النَّتِيْجَةَ حَسَنَة (Seandainya nilainya baik)
3.      كَأَنَّ = Untuk Tasybih (Menyerupakan)
Contoh:
كَأَنَّ عُمَرَ أَسَد (Seakan-akan Umar adalah singa)
4.      لَكِنَّ = Untuk Menyatakan kebalikan dari kalimat sebelumnya
Contoh:
اَلْكِتَابُ صَغِيْرٌ لَكِنَّهُ مُفِيْدٌ (Kitab itu kecil akan tetapi berfaidah)
5.      لَعَلَّ = Untuk pengharapan
Contoh:
لَعَلَّ الْجَوَّ مُعْتَدِلٌ (Mudah-mudahan udaranya nyaman)
6.      لاَ النَّافِيْةُ لِلْجِنْسِ = Untuk meniadakan jenis
Contoh:
لاَ رَجُلَ فِي الْبَيْتِ (Tidak ada seorang lelaki pun di dalam rumah itu)
Tashrif Inna:
Tashrif Inna Bersama Dhomirnya
Diagram Isim Inna Murob Dan Mabni
Isim Inna terbagi dua, yang berupa isim Mu’rob dan Mabni.
c.       Isim Inna yang berupa isim mu’rob
Contoh:
إِنَّ مُحَمَّدًا جَالِسٌ (Sesungguhnya Muhammad duduk)
إِنَّ الإِمْتِحَانَ سَهْلٌ (Sesungguhnya Ujian itu mudah)
إِنَّ الْمَرْأَتَيْنِ حَاضِرَتَانِ (Sesungguhnya dua wanita itu hadir)
إِنَّ اللاَّعِبِيْنَ مُجِدُّوْنَ (Sesungguhnya para pemain itu bersungguh-sungguh)
d.      Isim inna yang berupa isim mabni
Contoh:
إِنَّهَا قَائِمَةٌ (Sesungguhnya dia -perempuan- berdiri)
إِنَّكَ أُسْتَاذٌ (Sesungguhnya kamu adalah seorang ustadz)
إِنِّي طَالِبٌ (Sesungguhnya aku adalah seorang pelajar)

Catatan Khobar Inna:
1.      Untuk menentukan mana isim inna dan khobarnya, terlebih dahulu harus dicari mana mubtada dan khabarnya, sehingga apabila didapatkan khobar di depan atau mubtada di belakang maka isim dan khobar inna juga menyesuaikan.
Contohnya adalah kalimat:
فِي الْبَيْتِ الرَّجُلُ (Seorang laki-laki itu di dalam rumah)
Maka kata فِي الْبَيْتِ adalah khobar muqoddam, sedangkan الرَّجُلُ adalah mubtada muakhkhor. Sehingga apabila kemasukan inna, kalimatnya menjadi: إِنَّ فِي الْبَيْتِ الرَّجُلَ
2.      Jika mubtada berbentuk dhomir maka isim inna menyesuaikan,
Contoh: هُمْ مُسْلِمُوْنَ Menjadi, إِنَّهُمْ مُسْلِمُوْنَ
Contoh lain: أَنْتَ ذَكِيٌّ Menjadi, إِنَّكَ ذَكِيٌّ

‌و-     التَّوابِعُ لِلْمَرْفُوْعِ
اَلتَّابِعُ
(Tabi’)
Tabi’ adalah kata yang mengikuti hukum kata sebelumnya ditinjau dari sisi i’rab. Contoh: جَاءَ رَجُلٌ كَرِيْمٌ (Seorang lelaki yang mulia telah datang)
رَأَيْتُ رَجُلاً كَرِيْمًا (Aku telah melihat seorang lelaki yang mulia)
Istilahnya: اَلْمَتْبُوْعُ = Kata yang diikuti اَلتَّابِعُ = Kata yang mengikuti

اَلتَّوَابِعُ
(Tawabi’)
1.      اَلنَّعْتُ — نَعْتٌ / مَنْعُوْتٌ
2.      اَلْعَطْفُ — عَطْفٌ / مَعْطُوْفٌ
3.      اَلتَّوْكِيْدُ — تَوْكِيْدٌ / مُؤَكَّدٌ
4.      اَلْبَدَلُ — بَدَلٌ / مُبْدَلٌ مِنْهُ


اَلنَّعْتُ
(Na’at)
Na’at adalah tabi’ yang menyifati isim sebelumnya. Na’at bisa disebut sifat.
Contoh: جَاءَ إِمَامٌ عَادِلٌ (Seorang imam yang adil telah datang)
تُصَلِّي مُسْلِمَةٌ صَالِحَةٌ (Seorang muslimah yang shalihah sedang shalat)

Ketentuan-Ketentuan Na’at:
1.      Na’at harus mengikuti man’ut dari sisi ta’yin (kejelasan) nya.
Contoh: رَجَعَ طَالِبٌ مَاهِرٌ (Seorang mahasiswa yang pandai telah kembali)
رَجَعَ الطَّالِبُ الْمَاهِرُ (Seorang mahasiswa yang pandai itu telah kembali)
2.      Na’at harus mengikuti man’ut dari sisi ‘adad (jumlah) nya.
Contoh: رَجَعَ طَالِبٌ مَاهِرٌ (Seorang mahasiswa yang pandai telah kembali)
رَجَعَ طَالِبَانِ مَاهِرَانِ (Dua orang mahasiswa yang pandai telah kembali)
رَجَعَ طُلاَّبٌ مَاهِرُوْنَ (Para mahasiswa yang pandai telah kembali)
3.      Na’at harus mengikuti man’ut dari sisi nau’ (jenis) nya.
Contoh:رَجَعَ طَالِبٌ مَاهِرٌ (Seorang mahasiswa yang pandai telah kembali)
رَجَعَ طَالِبَةٌ مَاهِرَةٌ (Seorang mahasiswi yang pandai telah kembali)
Catatan:
1.      Apabila man’ut berupa isim jama’ yang tidak berakal (جَمْعٌ لِغَيْرِ عَاقِلٍ) maka na’atnya boleh berbentuk mufrod muannats atau jama’ muannats.
Contoh: اِنْفَجَرَتِ الْجِبَالُ الْعَالِيَةُ (Gunung-gunung yang tinggi itu meletus)
اِنْفَجَرَتِ الْجِبَالُ الْعَالِيَاتُ (Gunung-gunung yang tinggi itu meletus)
2.      Setiap jumlah (kalimat) yang terletak setelah isim nakirah maka dia dianggap sebagai na’at (sifat).
Contoh: هَذَا عَمَلٌ يُفِيْدُ (Ini adalah amalan yang berfaidah)
مَضَى يَوْمٌ بَرْدُهُ قَارِصٌ (Hari yang dinginnya menusuk telah berlalu)

اَلْعَطْفُ
(‘Athaf)
‘Athaf adalah tabi’ yang terletak setelah huruf-huruf athaf (huruf-huruf penghubung / penyambung)
Contoh: جَاءَ عُمَرُ وَعُثْمَانُ (Umar dan Utsman telah datang)
نَامَ مُحَمَّدٌ ثُمَّ عَلِيٌّ (Muhammad tidur kemudian Ali)

Huruf-huruf ‘athaf ada lima, yaitu:
1.      وَ Digunakan untuk sekedar menggabungkan dua kata atau lebih (مُطْلَقُ الْجَمْعِ) Contoh: جَاءَ مُحَمَّدٌ وَحَسَنٌ وَسَعِيْدٌ (Muhammad, Hasan dan Sa’id telah datang)
2.      فَ Digunakan untuk menggabungkan dua kata atau lebih secara berurutan dengan tanpa adanya jeda (لِلتَّرْتِيْبِ مَعَ التَّعْقِيْبِ)
Contoh: جَاءَ مُحَمَّدٌ فَحَسَنٌ فَسَعِيْدٌ (Muhammad datang, kemudian Hasan, kemudian Sa’id)
Faidah:
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: … ثُمَّ اسْتَقْبِلِ الْقِبْلَةَ فَكَبِّرْ “…Kemudian hendaklah menghadap ke arah kiblat kemudian (langsung) bertakbirlah.”
“Dalam hadits ini menyebutkan perbuatan langsung, setelah seseorang menghadap kiblat, kemudian ia langsung bertakbir. Maka faidahnya, tidak ada pengucapan niat dalam shalat.”
3.      ثُمَّ
Digunakan untuk menggabungkan dua kata atau lebih secara berurutan dengan disertai adanya jeda (لِلتَّرْتِيْبِ مَعَ التَّرَاخِي) Contoh: دَخَلَ الْمَسْجِدَ مُحَمَّدٌ ثُمَّ حَسَنٌ (Muhammad masuk masjid kemudian -beberapa saat kemudian- Hasan)
4.      أَوْ
Digunakan untuk menggabungkan dua kata atau lebih untuk menunjukkan sebuah pilihan atau untuk mengungkapkan keragu-raguan.
Contoh: يُبَاحُ لِجَمْعِ الطُّلاَبِ لَعِبٌ أَوْ تَعَلُّمٌ فِي يَوْمِ الإِجَازَةِ (Dibolehkan bagi segenap mahasiswa untuk bermain atau belajar pada hari libur) نَقَلَ الْخَبَرَ مُحَمَّدٌ أَوْ عَلِيٌّ (Yang menukil kabar adalah Muhammad atau Ali)
5.      أَمْ
Digunakan untuk menggabungkan dua kata atau lebih guna menuntut suatu kejelasan. Huruf ini biasanya terletak setelah huruf istifham “a” (أَ)
Contoh: هَلْ أَبُوْكَ مُهَنْدِسٌ أَمْ طَبِيْبٌ (Apakah Bapakmu seorang Insinyur ataukah Dokter?)

اَلتَّوْكِيْدُ
(Taukid)
Taukid adalah tabi’ yang disebutkan di dalam kalimat untuk menguatkan atau menghilangkan keragu-raguan dari si pendengar.
Contoh: جَاءَ الأُسْتَاذُ نَفْسُهُ (Ustadz itu telah datang)
حَضَرَ الطُّلاَّبُ كُلُّهُمْ (Para Mahasiswa semuanya telah datang)
1.     تَوْكِيْدٌ لَفْظِيٌّ
Taukid yang disebutkan dalam suatu kalimat dengan cara mengulang lafazh yang hendak dikuatkan.
Contoh: مَاتَ حَسَنٌ حَسَنٌ(Hasan Hasan telah meninggal)
قُتِلَ عَلِيٌّ عَلِيٌّ (Ali Ali telah dibunuh)
2.     تَوْكِيْدٌ مَعْنَوِيٌّ
Yaitu taukid yang disebutkan dalam suat kalimat dengan cara menambahkan lafazh-lafazh khusus (َلْفَاظُ التَّوْكِيْدِ)

Catatan:
Alfazhuzh taukid harus bersambung dengan dhomir-dhomir yang sesuai dengan dengan kata yang ingin dikuatkan.
Diantara lafazh-lafazh taukid adalah:
1.    نَفْسُ Contoh: صَامَ مُحَمَّدٌ نَفْسُهُ
2.    عَيْنُ Contoh: جَائَتْ مَرْيَمُ عَيْنُها
3.    كِلاَ Contoh: عُثْمَانُ وَعَلِيٌّ كِلاَهُمَا فِي الْجَنَّةِ
4.    كِلْتَا Contoh: حَضَرَتْ مُدَرِّسَتَانِ كِلْتَاهُمَا
5.    كُلُّ, جَمِيْعُ, عَامَةُ Contoh: رَجَعَ الطُّلاَّبُ جَمِيْعُهُمْ

Faidah Tambahan:
Apabila ditemukan kata yang bentuknya adalah mufrad akan tetapi secara makna mempunyai anggota bagian maka ia dikuatkan dengan lafazh taukid jamak.
Contoh: جَاء الْجَيْشُ جَمِيْعُهُ             اَلأُمَّةُ الإِسْلاَمِيَّةُ جَمِيْعُهَا قَلْبٌ وَاحِدٌ



اَلْبَدَلُ
(Badal)
Badal adalah tabi’ yang disebutkan di dalam suatu kalimat untuk mewakili kata sebelumnya, baik mewakili secara keseluruhan ataupun sebagiannya saja.
Contoh: يَجْلِسُ الأُسْتَاذُ مُحَمَّدٌ (Ustadz Muhammad sedang duduk)
ضُرِبَ عَلِيٌ رِجْلُهُ (Ali dipukul kakinya)
Badal bisa dikenal dengan menambahkan kata “yaitu” pada terjemah kata yang digantikan.
1.      بَدَلٌ مُطَابِقٌ
Yaitu badal yang menggantikan kata sebelumnya (mubdal minhu) secara utuh. Contoh: اَلإِمَامُ أَحْمَدُ رَجُلٌ صَالِحٌ (Imam Ahmad adalah seorang lelaki yang shalih)
2.      بَدَلُ الْبَعْضِ مِنَ الْكُلِّ
Badal yang mewakili anggota bagian dari kata sebelumnya. Contoh: اِنْهَدَمَ الْبَيْتُ جِدَارُهُ (Rumah itu dindingnya roboh)
3.      بَدَلُ الاِشْتِمَالِ
Badal yang mewakili sebagian sifat dari kata sebelumnya. Contoh: يُعْجِبُنِي الْبَيْتُ نَظَافَتُهُ (Kebersihan rumah itu mengagumkanku)

Catatan:
1.      Badal ba’dhi minal kulli dan badal isytimal harus bersambung dengan dhomir yang sesuai dengan mubdal minhu nya.
2.      Biasanya badal ditemukan dalam suatu kalimat setelah:
a.       Nama orang atau gelar
Contoh: قَالَ عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ (Ali bin Abi Thalib berkata)
كَتَبَ الشَيْخُ مُحَمَّدٌ رِسَالَةً مُفِيدَةً (Syaikh Muhammad menulis sebuah risalah yang berfaidah)


b.      Isim Isyarat
Contoh: هَذَا الْكِتَابُ مُفِيْدٌ (Kitab ini berfaidah)
ذَلِكَ الْبَيْتُ نَظِيْفٌ (Rumah itu bersih)
c.       Pembagian
Contoh:  : اِسْمٌ وَفِعْلٌ وَحَرْفٌ أَقْسَمُ الْكَلِمَةِ ثَلاَثَةٌ (Kalimat terbagi tiga: Isim, Fi’il dan Huruf)الشِّرْكُ نَوْعَانِ: أَكْبَرُ وَأَصْغَرُ (Syirik terbagi dua: Besar dan Kecil)

Catatan Khusus:
Apabila badal berupa lafadz ابن, maka mubdal minhu (yang dibadali/kata yang terletak sebelumnya) tidak boleh ditanwin, sedangkan lafadz ابن dihilangkan alifnya (menjadi بن) dan kata yang terletak setelahnya dimajrurkan sebagai mudhaf ilaih. Contoh: مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ

مَنْصُوْبَاتُ الأَسْمَاءِ
(Keadaan Dinashobkannya Isim-Isim)
1.      اَلْمَفْعُوْلُ بِهِ
أَنْوَاعُ الْمَفْعُوْلِ بِهِ
(Macam-Macam Maf’ul Bih)
Macam Maf'ul Bih
1.      Maf’ul bih yang berupa isim mu’rob
Contoh: يَقْرَأُ مُحَمَّدٌ اَلرِّسَالَةَ (Muhammad membaca surat)
اِشْتَرَى مُحَمَّدٌ كِتَابَيْنِ (Muhammad membeli dua buah buku)
قَاتَلَ الْمُسْلِمُوْنَ الْكَافِرِيْنَ (Orang-orang muslim memerangi orang-orang kafir)


2.      Maf’ul bih yang berupa isim mabni
Contoh: رَأَيْتُكَ (Aku telah melihat kamu)
نَصَحَ الأُسْتَاذُ هَذَا الطَّالِبَ (Ustadz telah menasihati murid ini)
شَاهَدْنَا ذَلِكَ اللَّعِبََ (Kami telah menyaksikan permainan itu)

Letak-letak maf’ul bih dalam struktur kalimat:
1.     فِعْلٌ – فَاعِلٌمَفْعُوْلٌ بِهِ Contoh: رَفَسَ مُحَمّدٌ اَلْكُرّةَ (Muhammad menendang bola)
ذَبَحَ مُحَمّدٌ اَلْغَنَمَ (Muhammad menyembelih kambing)
2.     فِعْلٌ – مَفْعُوْلٌ بِهِ – فَاعِلٌ Contoh: أَكَلَ الرّزّ اَلْوَلَدُ (Anak kecil itu makan nasi)
سَأَلَ الأُسْتَاذَ تِلْمِيْذٌ (Murid itu bertanya kepada guru)
3.     فِعْلٌ فَاعِلٌمَفْعُوْلٌ بِهِ Contoh: سَأَلْتُ الأُسْتَاذَ (Aku bertanya kepada ustadz)قَرَأْتُ الْمَجَلّةَ (Aku membaca majalah)
4.      فِعْلٌ فَاعِلٌ مَفْعُوْلٌ بِهِ Contoh: أَمَرْتُكَ (Aku memerintahkan kepada kamu) ضَرَبَهُ (Dia memukulnya)
5.      فِعْلٌ مَفْعُوْلٌ بِهِ – فَاعِلٌ Contoh: سَأَلَنِي أُسْتَاذٌ (Seorang ustadz bertanya kepadaku) رَحِمَكَ اللهُ (Semoga Allah merahmatimu)
6.     مَفْعُوْلٌ بِهِفِعْلٌ فَاعِلٌ Contoh: إِيّاكَ نَعْبُدُ (Hanya kepada-Mu kami menyembah) خُبْزًا أَكَلْتُ (Aku hanya makan roti)
Faidah tambahan:
Pola ke enam biasanya digunakan untuk pembatasan / pengkhususan.

Catatan Maf’ul Bih:
Di dalam satu kalimat, terkadang ditemukan maf’ul bih lebih dari satu.
Contoh: أَعْطَى الْمُدَرِّسُ مُحَمّدًا جَائِزَةً (Pengajar itu memberi Muhammad hadiah)
عَلَّمَ الأُسْتَاذُ الطُلاَّبَ عِلْمَ النّحْوِ (Guru itu mengajarkan para mahasiswa ilmu nahwu)
ظَنَنْتُ عَلِيّا مَرِيْضًا (Aku menyangka Ali sakit)


2.      اَلْمَفْعُوْلُ فِيْهِ
اَلْمَفْعُوْلُ فِيْه
(Maf’ul Fih)
Maf’ul fih (zhorof) adalah isim yang menunjukkan keterangan waktu atau tempat terjadinya suatu perbuatan.

Contoh:
شَافَرْتُ لَيْلاً (Aku bersafar pada waktu malam)
صُمْتُ يَوْمَ الإِثْنَيْنِ (Aku berpuasa pada hari senin)
جَلَسْتُ أَمَامَ الْمِنْبَرِ (Aku duduk di depan mimbar)
نَامَ الْكَلْبُ خَلْفَ الْبَابِ (Anjing itu tidur di belakang pintu)

Catatan:
1.      Maf’ul fiih yang digunakan untuk menunjukkan keterangan waktu dikenal sebagai zhorof zaman ظَرْفُ الزّمَانِ
2.      Maf’ul fiih yang digunakan untuk menunjukkan keterangan tempat dikenal sebagai zhorof makan ظَرْفُ الْمَكَانِ
Diantara contoh zhorof zaman adalah:
صَبَاحًا (Pagi hari)
لَيْلاً (Malam hari)
شَهْرًا (Bulan)
تَارَةً (Terkadang)
قَبْلَ (Sebelum)
أَنِفًا (Baru saja)
غَدًا (Besok)
اَلأَنَ (Sekarang)
أَحْيَانًا (Kadang-kadang)

Diantara contoh zhorof makan adalah:
فَوْقَ (Di atas)
بَيْنَ (Di antara)
عِنْدَ (di sisi)
وَرَاءَ (Di belakang)
تَحْتَ (Di bawah)
حَوْلَ (Sekitar)
يَمِيْنَ (Sebelah kanan)
شِمَالَ (Sebelah kiri)
نَحْوَ (Arah)

أَنْوَاعُ الظَّرْفِ
Macam-Macam Zhorof
Macam-Macam Zhorof
A.     Zhorof mutashorrif adalah lafazh zhorof yang dapat difungsikan untuk selain zhorof.
Contoh:
صُمْتُ يَوْمَ الإِثْنَيْنِ (Aku berpuasa pada hari senin)
يَوْمُ الْجُمُعَةِ يَوْمٌ مُبَارَكٌ (Hari jum’at adalah hari yang diberkahi)
B.     Zhorof ghoiru mutashorrif adalah lafazh yang hanya dapat difungsikan sebagai zhorof dan tidak dapat difungsikan untuk yang lainnya.
Di antara contohnya adalah: قَبْلَ, بَعْدَ, أَثْنَاءَ, عِنْدَ, أَمَامَ, وَرَاءَ
Contoh: لاَتَرْقُدْ قَبْلَ الْوُضُوْءِ (Janganlah kamu tidur sebelum wudhu)

Catatan Zhorof:
1.      Zhorof ghoiru mutashorrif boleh di-jer-kan dengan huruf  مِنْ Contoh:
دَخَلْتُ الْمَسْجِدَ مِنْ قَبْلِكُمْ (Aku telah memasuki masjid sebelum kalian)
2.      Ada beberapa zhorof yang bentuknya adalah mabni.
Contoh: أَمْس (Kemarin) حَيْثُ (Di manapun)

3.      اَلْمَفْعُوْلُ ِلأَلجْلِهِ
اَلْمَفْعُوْلُ لأَجْلِه
Maf’ul Liajlih
Maf’ul liajlih adalah isim yang digunakan untuk menjelaskan sebab terjadinya perbuatan.
Contoh:
صَلَّيْتُ إِيْمَانًا بِالله (Aku shalat karena iman kepada Allah)
زُرْتُ عَلِيّا حُبّا لَهُ (Aku mengunjungi Ali karena cinta kepadanya)
أَعْطَيْتُ الْفَقِيْرَ طَعَامًا شَفَقَةً لَهُ (Aku memberi orang fakir itu makanan karena kasihan kepadanya)
Maf’ul liajlih di bentuk dari amalan-amalan hati.
Lafazh-lafazh yang biasa menjadi maf’ul liajlih:
إِكْرَامًا (Karena hormat)
حَيَاءً (Karena malu)
حُزْنًا (Karena sedih)
رَحْمَةً (karena sayang)
خَوْفًا (karena takut)
حَسَدًا (karena iri)
Catatan:
Lafazh-lafazh maf’ul liajlih dapat di-jer-kan dengan huruf lam.
Contoh:
أَعْطَيْتُ الْفَقِيْرَ طَعَامًا لِشَفَقَتِهِ (Aku memberi orang fakir itu makanan karena kasihan kepadanya)

4.      اَلْمَفْعُوْلُ المُطْلَقُ
اَلْمَفْعُوْلُ الْمُطْلَقُ
Maf’ul Muthlaq
Maf’ul muthlaq adalah isim yang berasal dari lafazh fi’il yang berfungsi untuk penguat makna, penjelas bilangan atau penjelas sifat.
Contoh: حَفِظْتُ الدَّرْسَ حِفْظًا (Aku telah menghafal pelajaran itu dengan sebenar-benarnya hafal)
ضَرَبْتُهُ ضَرْبًا (Aku telah memukulnya dengan sebenar-benar memukul)
حَفِظْتُ الدَّرْسَ حَفْظَةً (Aku telah menghafal pelajaran itu dengan sekali hafal)
ضَرَبْتُهُ ضَرْبَةً (Aku telah memukulnya dengan sekali pukul)
حَفِظْتُ الدَّرْسَ حِفْظًا جَيِّدًا (Aku telah menghafal pelajaran itu dengan hafalan yang baik)
ضَرَبْتُهُ ضَرْبًا شَدِيْدًا (Aku telah memukulnya dengan pukulan yang keras)

Ketentuan-Ketentuan Maf’ul Muthlaq:
1.      Maf’ul muthlaq harus menggunakan mashdar (kata kerja yang dibendakan).
2.      Apabila mashdar yang merupakan maf’ul muthlaq berdiri sendiri, maka ia berfungsi sebagai penguat makna. Contoh: رَفَسْتُ رَفْسًا (Aku menendang dengan sebenar-benarnya menendang)
3.      Maf’ul muthlaq yang berfungsi untuk menjelaskan bilangan, biasanya mengikuti wajan فَعْلَةً Contoh: رَفَسْتُ رَفْسَةً (Aku menendang dengan sekali tendang)
4.      Apabila mashdar yang merupakan maf’ul muthlaq disifati atau di idhofahkan, maka ia berfungsi sebagai penjelas sifat atau jenis.
Contoh: رَفَسْتُ رَفْسًا شَدِيْدًا (Aku menendang dengan tendangan yang keras)
رَفَسْتُ رَفْسَ الْجُنُود (Aku menendang seperti tendangan para tentara)
5.      Terkadang fi’il dari maf’ul muthlaq dihilangkan.
Contoh : شُكْرًا (Terima kasih)
Yang asalnya adalah: أَشْكُرُكَ شُكْرًا (Aku berterima kasih kepadamu dengan betul-betul terima kasih)

5.      اَلْمَفْعُوْلَ مَعَهُ
اَلْمَفْعُوْلُ مَعَهُ
(Maf’ul Ma’ah)
Maf’ul ma’ah adalah isim yang terletak setelah huruf (و) yang mempunyai arti “bersama” untuk menunjukkan kebersamaan.
Contoh: سَارَ عَلِيٌّ وَالْجَبَلَ (Ali berjalan bersama dengan gunung)
جَاءَ مُحَمَّدٌ وَغُرُوْبَ الشَّمْس (Muhammad datang bersamaan dengan terbenamnya matahari)

Perbedaan antara wau ma’iyyah dengan wau ‘athof:
1.      Isim yang terletak setelah wau maiyyah selalu mansub, adapun isim yang terletak setelah wau ‘athof tergantung ma’thufnya.
Contoh :
سَارَ عَلِيٌّ وَالْجَبَلَ = waunya adalah wau ma’iyyah
سَارَ عَلِيٌّ وَحَسَنٌ = waunya adalah wau ‘athof
2.      Pelaku pada wau ma’iyyah hanya terdiri dari satu pihak, sedangkan pelaku pada wau ‘athof terdiri dari dua belah pihak.
Catatan:
Pada dasarnya, huruf wau yang terletak di antara dua buah isim adalah wau ‘athof. Oleh karena itu seandainya sebuah kalimat cocok untuk dimaknai dengan wau ‘athof, maka wau tersebut adalah wau ‘athof.

6.      اَلْحَالُ
اَلْحَالُ
(Hal)
Hal adalah isim mansub yang digunakan untuk menjelaskan keadaan fa’il atau maf’ul bih saat terjadinya fi’il (perbuatan).
Contoh:
صَلَّى مُحَمَّدٌ قَاعِدًا (Muhammad shalat dalam keadaan duduk)
ذَهَبَ مُحَمَّدٌ إِلَى الْمَسْجِدِ مَاشِيًا (Muhammad pergi ke masjid dengan berjalan)
رَأَيْتُ الأُسْتَاذَ رَاكِبًا (Aku melihat ustadz sedang naik kendaraan)


Ketentuan-ketentuan Hal:
1.      Hal merupakan isim yang mansub. Contoh: صَلَّى مُحَمَّدٌ قَاعِدًا (Muhammad shalat dalam keadaan duduk)
2.      Hal berbentuk isim nakiroh, sedangkan shohibul hal (isim yang dijelaskan keadaannya oleh Hal) berbentuk isim ma’rifat.
Contoh: أَكَلَ الْوَلَدُ قَائِمًا (Anak itu makan dalam keadaan berdiri)
اَلْوَلَدُ = Shohibul hal, ma’rifat
قَائِمًا = Hal, nakiroh
3.      Hal mengikuti shohibul hal dari sisi nau’ (mudzakkar atau muannats) dan ‘adad (mufrod, mutsanna, jama’).
Contoh:
شَرِبَ مُحَمَّدٌ جَالِسًا (Muhammad minum dalam keadaan duduk)
شَرِبَتْ فَاطِمَةُ جَالِسَةً (Fatimah minum dalam keadaan duduk)
أَكَلَ الْوَلَدُ قَائِمًا (Anak itu makan dalam keadaan berdiri)
أَكَلَ الْوَلَدَانِ قَائِمَيْن (Dua anak itu makan dalam keadaan berdiri)

أَنْوَاعُ الْحَال
Macam-Macam Hal
Macam Hal
1.      Mufrod Yaitu hal yang berbentuk tunggal. Termasuk bentuk mufrod disini adalah isim mufrod, mutsanna dan jama’.
Contoh: أَكَلَ الْوَلَدُ قَائِمًا (Anak itu makan sambil berdiri)
أَكَلَ الْوَلَدَانِ قَائِمَيْن (Dua anak itu makan sambil berdiri)
أَكَلَ الأَوْلاَدُ قَائِمِيْنَ (Para anak itu makan sambil berdiri)


2.      Murokkab Yaitu hal yang terdiri dari jumlah ismiyyah ataupun fi’liyyah.
Contoh: لاَ تَشْرَبْ وَأَنْتَ قَائِمٌ (Janganlah minum sambil berdiri)
جَاءَ الْوَلَدُ يَبْكِي (Anak itu datang sambil menangis)
Setiap jumlah yang terletak setelah isim nakiroh, maka ia adalah sifat, adapun apabila terletak setelah isim ma’rifat maka ia adalah hal.
Contoh: سَمِعْتُ طُيُوْرًا تُغَرِّدُ (Aku mendengar burung-burung berkicau)
تُغَرِّدُ = Sifat
سَمِعْتُ الطُّيُوْرَ تُغَرِّدُ (Aku mendengar burung-burung berkicau)
تُغَرِّدُ = Hal

7.      اَلتَّمْيِيْزُ
اَلتَّمْيِيْزُ
(Tamyiz)
Tamyiz adalah isim nakiroh yang disebutkan dalam suatu kalimat untuk memberi penjelasan sesuatu yang masih samar.
Sesuatu yang masih samar yang dijelaskan oleh tamyiz dikenal dengan istilah mumayyaz (اَلْمُمَيَّزُ).
Contoh: اِشْتَرَيْتُ عِشْرِيْنَ كِتَابًا (Aku membeli dua puluh kitab)
عِشْرِيْنَ = Mumayyaz
كِتَابًا = Tamyiz
اِشْتَرَيْتُ دِرْهَمًا فِضَّةً (Aku membeli satu dirham perak)
دِرْهَمًا = Mumayyaz
فِضَّةً = Tamyiz
أَنْوَاعُ الْمُمَيَّز
Macam-Macam Mumayyaz
Macam Mumayyaz
1.      Mumayyaz malfuzh adalah mumayyaz yang disebutkan dalam pembicaraan atau kalimat.
Mumayyaz malfuzh ada 4, yaitu:
a.      أَسْمَاءُ الْكَيْل (Nama-nama takaran)
Contoh: اِشْتَرَيْتُ لِتْرًا رُزًّا (Aku membeli satu liter beras)
b.     أَسْمَاءُ الْوَزْن (Nama-nama timbangan)
Contoh: اِشْتَرَيْتُ كِيْلَوْغَرَامًا لَحْمًا (Aku membeli satu kilo daging)
c.      أَسْمَاءُ الْمَسَاحَة (Nama-nama jarak/ukuran)
Contoh: اِشْتَرَيْتُ مِتْرًا قُمَاسًا (Aku membeli satu meter kain)
d.     أَسْمَاءُ الْعَدَد (Nama-nama bilangan)
Contoh: اِشْتَرَيْتُ عِشْرِيْنَ بَيْتًا (Aku membeli 20 rumah)

2.      Mumayyaz malhuzh adalah mumayyaz yang tidak ditampakkan dalam pembicaraan atau kalimat. Mumayyaz malhuzh biasanya untuk menggantikan mubtada’ atau fa’il.
Contoh:
اَلْمُدَرِّسُ أَكْثَرُ مِنَ الطَّالِبِ خِبْرَةً (Pengajar itu lebih banyak dibandingkan dengan murid pengalamannya)
Asalnya adalah,
خِبْرَةُ الْمُدَرِّسِ أَكْثَرُ مِنْ خِبْرَةِ الطَّالِب (Pengalaman pengajar itu lebih banyak dibandingkan dengan murid)
أَنَا أَكْثَرُ مِنْكَ مَالاً (Aku lebih banyak dari kamu hartanya)
Asalnya,
مَالِي أَكْثَرُ مِنْكَ (Hartaku lebih banyak daripada hartamu)
حَسُنَ عَلِيٌّ وَجْهًا (Ali bagus wajahnya)
Asalnya,
حَسُنَ وَجْهُ عَلِيٍّ (Wajah Ali bagus)
طَابَ مُحَمَّدٌ نَفْسًا (Muhammad baik jiwanya)
Asalnya,
طَابَتْ نَفْسُ مُحَمَّدٍ (Jiwa Muhammad baik)

تَمْيِيْزُ الْعَدَد
(Tamyiz ‘Adad)
Tamyiz ‘adad adalah tamyiz yang digunakan untuk menjelaskan mumayyaz yang berupa ‘adad (bilangan).
Tamyiz adad biasa dikenal dengan istilah ma’dud (اَلْمَعْدُوْدُ)
Contoh:
اِشْتَرَيْتُ ثَلاَثِيْنَ قَلَمًا (Aku membeli tiga puluh pena)
ثَلاَثِيْنَ = ‘Adad
قَلَمًا = Ma’dud

Hukum ‘adad dan ma’dud:
1.      Jika ‘adadnya berupa bilangan 3-10, maka ma’dud berbentuk jamak majrur.
Contoh:
ثَلاَثَةُ أَوْلاَدٍ (Tiga orang anak)
خَمْسَةُ رِجَالٍ (Lima orang laki-laki)
سَبْعَةُ أَيَّامٍ (Tujuh Hari)
2.      Jika ‘adadnya berupa bilangan 11-99, maka ma’dud berbentuk mufrod manshub.
Contoh:
خَمْسَةَ عَشَرَ وَلَدًا (Lima belas orang anak)
أَرْبَعَةَ عَشَرَ رَجُلاً (Empat belas orang laki-laki)
عِشْرُوْنَ يَوْمًا (Dua puluh hari)
3.      Jika ‘adadnya berupa bilangan 100 atau 1.000 atau kelipatannya, maka ma’dud berbentuk mufrod majrur.
Contoh:
مِائَةُ وَلَدٍ (Seratus orang anak)
أَلْفُ رَجُلٍ (Seribu orang laki-laki)
ثَلاَ ثُمِائَةِ يَوْمٍ (Tiga ratus hari)

Rumus Hapal ‘Adad Ma’dud:
Untuk mempermudah kita dalam menghafal hukum-hukum ‘adad ma’dud, dapat digunakan rumus:
جٍ مًا مٍ
جٍ = Maksudnya jamak majrur
ماً = Maksudnya mufrod manshub
مٍ = Maksudnya mufrod majrur


3.                اَلْمُسْتَثْنَى
اَلْمُسْتَثْنَى
(Mustatsna)
Mustatsna adalah isim yang disebutkan setelah adatul istitsna (alat pengecualian) untuk menyelisihi hukum kata sebelum adatul istitsna. Kata yang terletak sebelum adatul istitsna dikenal dengan istilah mustatsna minhu اَلْمُسْتَثْنَى مِنْهُ
Contoh:
نَجَحَ الطُّلاَّبُ إِلاَّ حَسَنًا(Para siswa lulus kecuali Hasan)
إِلاَّ         = Alat pengecualian / Adat istitsna
اَلطُّلاَّبُ   = Mustatsna minhu
حَسَنًا      = Mustatsna

حَضَرَ الرِّجَالُ إِلاَّ زَيْدًا (Para lelaki itu telah hadir kecuali Zaid)
إِلاَّ         = Alat pengecualian
اَلرِّجَالُ    = Mustatsna minhu
زَيْدًا       = Mustatsna
أَدَاةُ الاِسْتِثْنَاء (Adatul istitsna) ada enam, yaitu: إِلاَّ, غَيْرُ, سِوَى, خَلاَ, عَدَا, حَاشَا

A.     Hukum mustatsna dengan إِلاَّ
  1. Wajib nashob, apabila kalimatnya positif dan  disebutkan mustatsna minhu.
Contoh:
رَجَعَ الْحَاضِرُوْنَ إِلاَّ مُحَمَّدَا (Para hadirin telah pulang kecuali Muhammad)
رَجَعَ التَّلاَمِيْذُ إِلاَّ وَلَدَيْن (Para siswa telah pulang kecuali dua orang anak)
  1. Boleh nashob atau mengikuti mustatsna minhu apabila kalimatnya negatif dan disebutkan mustatsna minhu.
Contoh:
مَا رَجَعَ الْحَاضِرُوْنَ إِلاَّ مُحَمَّدًا / مُحَمَّدٌ (Para hadirin tidak pulang kecuali Muhammad)
مَا رَجَعَ التَّلاَمِيْذُ إِلاَّ وَلَدَيْنِ / وَلَدَان (Para siswa tidak pulang kecuali dua orang anak)
  1. Di’irob sesuai dengan kedudukannya dalam kalimat, apabila kalimatnya negatif dan tidak disebutkan mustatsna minhu.
Contoh:
مَا رَجَعَ إِلاَّ مُحَمَّدٌ (Tidak ada yang pulang kecuali Muhammad)
مَا ضَرَبْتُ إِلاَّ زَيْدًا (Aku tidak memukul kecuali Zaid)

B.     Hukum mustatsna dengan غَيْر dan سِوَى
Mustatsna dengan غَيْر dan سِوَى adalah selalu majrur. Contoh:
رَسَبَ الطُّلاَّبُ غَيْرَ عَلِيٍّ (Para murid gagal kecuali Ali)
نَجَحَ الطُّلاَّبُ سِوَى حَسَنٍ (Para murid lulus kecuali Hasan)
Catatan:
1.      Hukum I’rob غَيْر adalah mengikuti hukum mustatsna dengan إِلاَّ
Contoh:
a.       Kalimat positif dan disebutkan mustastna minhu. رَجَعَ الْحَاضِرُوْنَ غَيْرَ مُحَمَّدٍ
b.      Kalimat negatif dan disebutkan  mustasna minhu.مَا رَجَعَ الْحَاضِرُوْنَ غَيْرَ / غَيْرُ مُحَمَّدٍ
c.       Kalimat negatif dan tidak disebutkan mustasna minhu. مَا رَجَعَ غَيْرُ مُحَمَّدٍ

C.     Hukum mustatsna dengan خَلاَ, عَدَا, حَاشَا
Mustasna dengan خَلاَ, عَدَا, حَاشَا boleh nashob ataupun jar / majrur.
Contoh:
رَجَعَ الْحَاضِرُوْنَ خَلاَ مُحَمَّدًا / مُحَمَّدٍ
جَاءَ الرِّجَالُ عَدَا عَلِيًّا / عَلِيٍّ
نَامَ الأَوْلاَدُ حَاشَا حَسَنًا / حَسَنٍ

4.                خَبَرُ كَانَ
5.                اِسْمُ إِنَّ
6.                اَلْمُنَادَى
اَلْمُنَادَى
Munada
Munada adalah isim yang disebutkan setelah huruf nida’ (huruf yang digunakan untuk memanggil).
Contoh:
يَا عَبْدَ اللهِ (Wahai hamba Allah)
يَا نَائِمًا اِسْتَيْقِظْ (Wahai orang yang tidur, bangunlah)


Huruf-huruf Nida’:
أَ = Untuk memanggil jarak dekat.
Contoh:
أَ عَبْدَ اللهِ اُكْتُبْ (Wahai Abdullah, tulislah)
أَيَا, هَيَّا, أَيْ = Untuk memanggil jarak jauh
Contoh:
أَيا عَبْدَ اللهِ هَلْ تَسْمَعُ صَوْتِي (Wahai Abdullah, apakah engkau mendengar suaraku?)
يَا = Dapat digunakan untuk memanggil dekat ataupun jauh.
Contoh:
يَا عَبْدَ اللهِ أَسْرِعْ (Wahai Abdullah, cepatlah)

أَنْوَاعُ الْمُنَادَى
(Macam-macam Munada)
Macam Munada
1.        مَنْصُوْبٌ Munada selalu manshub dalam 3 (tiga) keadaan.
a.       مُضَافٌ (mudhof) Contoh:
يَا عَبْدَ اللهِ (Wahai Abdullah)
يَا رَسُوْلَ اللهِ (Wahai Rasulullah)
يَا أَبَا بَكْرٍ (Wahai Abu Bakr)
b.      شَبِيْهٌ بِالْمُضَافِ (Mirip dengan mudhof) Contoh:
يَا طَالِعًا جَبَلاً (Wahai pendaki gunung)
يَا سَاعِيًا فِي الْخَيْرِ (Wahai orang yang berusaha berbuat baik)
يَا حَامِلاً حَقِيْبَةً (Wahai orang yang membawa tas)
c.       نَكِرَةٌ غَيْرُ مَقْصُوْدَةٍ Nakirah yang belum tentu orangnya Contoh:
يَا رَجُلاً (Wahai lelaki)
يَا مُسْلِمًا (Wahai Muslim)
يَا طَالِبًا (Wahai mahasiswa)
2.        مَبْنِيُّ عَلَى عَلاَمَةِ الرَّفْعِ Munada’ dimabnikan dengan tanda rafa’ pada 2 (dua) keadaan.
a.       عَلَمٌ مُفْرَدٌ (Nama orang tunggal / terdiri dari satu kata) Contoh:
يَا مُحَمَّدُ يَا عَلِيُّ
b.      نَكِرَةٌ مَقْصُوْدَةٌ (Nakirah yang sudah tertuju pada orang tertentu) Contoh:
يَا رَجُلُ, يَا مُسْلِمُ

Memanggil kata yang terdapat “ال“:
Untuk kata yang terdapat “ال” nya, ada beberapa ketentuan dalam pemanggilannya.
1.      Kata yang di panggil I’robnya marfu’
2.      Menambahkan lafazh berikut setelah huruf nida’:
a.          أَيُّهَا Untuk isim mudzakkar
b.          أَيَّتُهَا Untuk isim muannats
Contoh:
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ,          يَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ   
يَا أَيَّتُهَا الْمَرْأَةُ,        يَا أَيَّتُهَا الْمُسْلِمَاتُ

Faidah:
1.      Khusus untuk lafazh jalalah Allah الله, hanya boleh menggunakan huruf nida’ يَا . Contoh: يَا اَللهُ
Biasanya untuk memanggil lafzhul jalalah Allah digunakan اَللّهُمَّ (Ya Allah)
2.      Terkadang munada dibuang huruf nida’nya Contoh:
رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفٌ رَحِيْمٌ Asalnya adalah يَا رَبَّنَا
يُوْسُفُ أَعْرِضْ عَنْ هَذَا Asalnya adalah يَا يُوْسُفُ
3.      Jika munada’ mudhof kepada ya’ mutakallim maka ya’ boleh dibuang. Contoh: رَبِّي زِدْنِي عِلْمًا Asalnya يَا رَبِّي
وَلَديِ تَعَالَ Asalnya يَا وَلَدِي

7.                اَلتَّوَابِعُ


مَجْرُوْرَاتُ الأَسْمَاء
(Keadaan Di Jerkannya Isim-Isim)
Kelompok Majruratul Asma:
a.       مَجْرُوْرٌ بِحَرْفِ الْجَرِّ
b.      مَجْرُوْرٌ بِالإِضَافَة
c.       اَلتَّوَابِعُ لِلْمَجْرُوْر
مَجْرُوْرٌ بِحَرْفِ الْجَرِّ (Majrur Karena Huruf Jer)
Yang dimaksud dengan isim majrur karena huruf jer adalah isim yang mempunyai I’rob majrur apabila didahului oleh salah satu dari huruf jer.
Huruf jer ada 17 (tujuh belas), yaitu:
مِنْ, إِلَى, عَنْ, عَلَى, فِي, رُبَّ, اَلْبَاءُ (بِ), اَلْكَافُ (كَ), اَللاَّمُ (لِ), حَتَّى, وَاوُ الْقَسَمِ (وَ), تَاءُ الْقَسَمِ (تَ), مُذْ, مُنْذُ, خَلاَ, عَدَا, حَاشَا.
Contoh masing-masing penggunaan huruf jer:
1.         مِنْ (Dari) خَرَجْتُ مِنَ الْمَنْزِل (Aku keluar dari rumah)
2.         إِلَى (Ke) سَأَذْهَبُ إِلَى الْمَسْجِد (Aku akan pergi ke masjid)
3.         عَنْ (Dari) هَذَا الْحَدِيْثُ رُوِيَ عَنْ عَائِشَةَ (Hadits ini diriwayatkan dari Aisyah)
4.         عَلَى (Di atas) اَلْكِتَاُب عَلَى الْمَكْتَب (Buku itu berada di atas meja)
5.         فِي (Di dalam) نَحْنُ نَطْلُبُ الْعِلْمَ فِي الْمَسْجِد (Kami menuntut ilmu di dalam masjid)
6.         رُبَّ (Betapa banyak / sedikit) رُبَّ عَمَلٍ صَالِحٍ تُعَظِّمُهُ النِّيَّةُ (Betapa banyak amalan yang kecil menjadi besar nilainya disebabkan oleh niat)
7.         اَلْبَاءُ – بِ (Dengan) كَتَبْتُ الدَّرْسَ بِالْقَلَم (Aku menulis pelajaran dengan pena)
8.         اَلْكَافُ – كَ (Seperti) عُمَرُ كَالأَسَدَ (Umar seperti singa)
9.         اَللاَّمُ – لِ (Milik) هَذَا الْكِتَابُ لِمُحَمَّدٍ (Kitab ini miliknya Muhammad)
10.     حَتَّى (Sampai) أَكَلْتُ السَّمَكَ حَتَّى رَأْسِه (Aku makan ikan sampai kepalanya)
11.     وَاوُ الْقَسَمِ (وَ) وَاللهِ أَنَا مُسْلِمٌ (Demi Allah aku adalah seorang muslim)
12.     تَاءُ الْقَسَمِ (تَ) تَاللهِ أَنَا مُسْلِمٌ (Demi Allah aku adalah seorang muslim)
13.     13, 14. مُنْذُ dan مُذْ (Sejak) مَا رَأَيْتُهُ مُنْذُ الأُسْبُوْعِ الْمَاضِيَة (Aku tidak melihatnya semenjak seminggu yang lalu)
14.     15, 16, 17. عَدَ ,خَلاَ dan حَاشَا (Selain / kecuali) رَجَعَ الطُّلاَّبُ خَلاَ مُحَمَّدٍ (Para mahasiswa telah pulang kecuali Muhammad)



Faidah:
1.      Huruf حَتَّى dapat masuk ke isim atau fi’il.
Jika حَتَّى masuk ke isim maka berfungsi sebagai huruf jer.
Jika حَتَّى masuk ke fi’il maka berfungsi sebagai huruf penashob.
Contoh:
اِجْتَهِدْ حَتَّى تَصِلَ إِلَى مَا تَرْجُوْ (Bersungguh-sungguhlah sampai engkau mencapai apa yang engkau harapkan)
2.      Huruf Qasam (sumpah) ada tiga yaitu وَ, تَ, ب Semuanya diartikan “Demi”. بِاللهِتَاللهِ – وَالله
Secara penggunaan bahasa, “ta” hanya boleh digunakan untuk lafzhul jalalah Allah, adapun “bi” dan “wa” boleh untuk selain lafzhul jalalah Allah. Adapun secara syar’i, maka sumpah tidak boleh ditujukan kecuali kepada Allah ta’ala.
Contoh:
وَعَبْدِ الْقَادِرِ الْجَيْلاَنِي = Boleh secara bahasa (akan tetapi berdasarkan syar’i tidak boleh)
تَعَبْدِ الْقَادِرِ الْجَيْلاَنِي = Tidak boleh secara bahasa (dan juga berdasarkan syar’i)

اَلْمَجْرُوْرُ بِالإِضَافَةِ
(Majrur Karena Idhafah)
Idhafah adalah bentuk penyandaran suatu isim dengan isim yang lain.
Contoh:
كِتَابُ مُحَمَّدٍ (Bukunya Muhammad)           خَاتَمُ ذَهَبٍ (Cincin emas)
a.       Isim yang pertama yaitu كِتَابُ dan خَاتَمُ dikenal dengan istilah mudhaf.
b.      Isim yang kedua yaitu مُحَمَّدٍ dan ذَهَبٍ dikenal dengan istilah mudhaf ilaihi.
Mengingat susunan idhafah adalah terdiri dari mudhaf dan mudhaf ilaihi, terkadang istilah idhafah dikenal dengan istilah mudhaf – mudhaf ilaihi.
I’rab mudhaf adalah mengikuti kedudukannya didalam kalimat adapun I’rab mudhaf ilaihi  adalah selalu majrur.
Contoh:
كِتَابُ مُحَمَّدٍ مُفِيْدٌ (Bukunya Muhammad bermanfaat)
أَسْتَعِيْرُ كِتَابَ مُحَمَّدٍ (Aku meminjam bukunya Muhammad)
هَذِهِ الْمُلاَحَظَةُ مَوْجُوْدَةٌ فِي كِتَابِ مُحَمَّدٍ (Catatan ini terdapat di bukunya Muhammad)


أَنْوَاعُ الْمُضَافِ إِلَيْهِ
(Macam-Macam Mudhof Ilaihi)
Macam-Macam Mudhof Ilaihi
1.      Mu’rob
Mudhof ilaihi yang berbentuk isim mu’rab harus selalu majrur. Contoh:
كِتَابُ الْمُسْلِمِ                كِتَابُ الْمُسْلِمَيْنِ
تَابُ الْمُسْلِمِيْن              حَدِيْثُ عَائِشَةَ
2.      Mabni
Mudhof ilaihi yang berbentuk isim mabni tidak mengalami perubahan harokat akhir (sesuai bentuk aslinya).
Contoh:
كِتَابُكَ (Kitabmu – laki-laki)
كِتَابُكِ (Kitabmu – wanita)

شُرُوْطُ الإِضَافَةِ
(Syarat-Syarat Idhofah)
Syarat-syarat idhofah ada 3:
1.      Mudhof tidak boleh ditanwin. Contoh:
حَقِيْبِةٌ = mudhof        مُحَمَّدٌ = mudhof ilaihi
Susunan idhofahnya adalah,
حَقِيْبَةُ مُحَمَّدٍ (Tas Muhammad)
جَوَّالٌ = mudhof        مُحَمَّدٌ = mudhof ilaihi
Susunan idhofahnya adalah:
جَوَّالُ مُحَمَّدٍ (Handphone Muhammad)
2.      Membuang nun mutsanna atau jama’ pada mudhof. Contoh:
كِتَابَانِ = mudhof
مُحَمَّدٌ = mudhof ilaihi
Susunan idhofahnya adalah,
كِتَابَا مُحَمَّدٍ (Kitab Muhammad)
مُدَرِّسُوْنَ = mudhof
مَعْهَدٌ = mudhof ilaihi
Susunan idhofahnya adalah,
مُدَرِّسُوْ مَعْهَدٍ (Para pengajar ma’had)
3.      Membuang alif lam dari mudhof
Contoh:
الرَّسُوْلُ = mudhof                 اللهُ = mudhof ilaihi
Susunan idhofahnya adalah,
رَسُوْلُ اللهِ (Rasulullah)
البَابُ = mudhof                    الْمَسْجِدُ = mudhof ilahi
Susunan idhofahnya adalah,
بَابُ الْمَسْجِدِ (Pintu Masjid)
Faidah:
1.      Secara umum, kandungan makna idhofah mempunyai tiga arti:
a.       Bermakna مِنْ (dari)
Contoh:
خَاتَمُ حَدِيْدٍ (Cincin besi)
Maknanya adalah,
خَاتَمٌ مِنْ حَدِيْدٍ (Cincin dari besi)
b.      Bermakna لِ (milik)
Contoh:
بَيْتُ عَلِيٍّ (Rumah Ali)
Maknanya adalah,
بَيْتٌ لِعَلِيٍّ (Rumah milik Ali)
c.       Bermakna فِي (di dalam)
Contoh:
عَذَابُ القَبْرِ (Azab Kubur)
Maknanya adalah,
عَذَابٌ فِي القَبْرِ (Azab di dalam kubur)
2.      Apabila mudhof berupa isim yang berakhiran dengan alif, dan mudhof ilaihi berupa ya’ mutakallim, maka ya’ ditulis dengan harakat fathah
Contoh:
يَدَايَ (Kedua tanganku)
Asalnya adalah يَدَانِ sebagai mudhof, nunnya dibuang sehingga bentuknya menjadi يَدَا . mengingat يَدَا berakhiran alif, maka ketika diidhofahkan kepada ya’ mutakallim menjadi يَدَايَ .
هُدَايَ (Petunjukku)
Asalnya adalah,
اَلْهُدَى dan ya’ mutakallim (ي)
سِوَايَ (Selainku)
Asalnya adalah,
سِوَى dan ya’ mutakallim (ي)
3.      Apabila mudhof berupa isim yang berakhiran dengan ya’ dan mudhof ilaihi berupa ya’ mutakallim, maka ya’ ditulis dengan fathah yang ditasdid.
Contoh:
مُدَرِّسِيَّ (Para pengajarku)
Asalnya adalah,
مُدَرِّسِيْنَ dan ya’ mutakallim (ي)
مُحَامِيَّ (Pengacaraku)
Asalnya adalah,
اَلْمُحَامِي dan ya’mutakallim (ي)
مُفْتِيَّ (Muftiku)
Asalnya adalah,
مُفْتِي dan ya’ mutakallim (ي)



أَقْسَامُ الاِسْم
تَقْسِيْمُ الاِسْمِ بِالنَّظَرِ إِلَى عَدَدِه
(Pembagian Isim Ditinjau Dari Segi Jumlah Bilangannya)
Pembagian 
Isim Berdasar Bilangan
1.      Isim Mufrod adalah Isim yang jumlah bilangannya satu
Contoh:
(Seorang mukmin)
مُؤْْمِنٌ
(Seorang kafir)
كَافِرٌ
 Isim Mutsanna adalah Isim yang jumlah bilangannya dua
Contoh:
(Dua orang mukmin)
مُؤْْمِنَانِ / مُؤْمِنَيْن
(Dua orang kafir)
كَافِرَانِ / كَافِرَيْن
Cara pembentukan isim mutsanna
Dengan menambahkan huruf alif dan nun atau ya dan nun pada akhir isim mufrodnya.
مُفْرَدٌ + ان/ين اِسْمٌ
Contoh:
مُؤْْمِنَانِ/ مُؤْْمِنَيْن
<=
مُؤْْمِنٌ + ان/ين
كَافِرَانِ/كَافِرَيْنِ
<=
كَافِرٌ + ان/ين
2.      Isim Jamak adalah Isim yang jumlah bilangannya lebih dari dua
Isim Jamak tebagi menjadi 3:
-         Jamak Mudzakkar Salim
-         Jamak Muannats Salim
-         Jamak Taksir
a.      Jamak Mudzakkar Salim
Jamak yang dibentuk dari isim mufrodnya yang digunakan untuk menunjukkan jenis laki-laki.
 Contoh:
(Para laki-laki mukmin)
مُؤْمِنُوْنَ / مُؤْمِنِيْنَ
( Para laki-laki kafir)
كَافِرُوْنَ / كَافِرِيْنَ
Cara pembentukan isim jamak mudzakkar salim
Cara pembentukannya adalah dengan menambahahkan wawu dan nun atau ya dan nun pada akhir isim mufrodnya  مُفْرَدٌ + ون/ين اِسْمٌ
Contoh:
مُؤْمِنُوْنَ/مُؤْمِنِيْنَ
<=
مُؤْمِنٌ + ون/ين
كَافِرُوْنَ/كَافِرِيْنَ
<=
كَافِرٌ + ون/ين
b.      Jamak Muannats Salim
Jamak yang dibentuk dari isim mufrodnya yang digunakan untuk menunjukkan jenis perempuan.
Contoh:
( Para perempuan mu’min)
مُؤْمِنَاتٌ
(Para perempuan kafir)
كَافِرَاتٌ
Cara pembentukan isim jamak muannats salim
مُفْرَد ٌ ( × ة ) + ات اِسْمٌ
Contoh:
مُؤْمِنَاتٌ
<=
مُؤْمِنٌ + ات
<=
مُؤْمِنَةٌ) × ة)
كَافِرَاتٌ
<=
كَافِرٌ + ات
<=
كَافِرَةٌ) × ة)
c.       Jamak Taksir
Jamak yang berubah dari bentuk mufrodnya
Contoh:
رُسُلٌ
<=
رَسُوْلٌ
بُيُوْتٌ
<=
بَيْتٌ
كُتُبٌ
<=
كِتَابٌ
ُأسَاتِيْذ
<=
أُسْتَاذٌ
تَقْسِيْمُ الاِسْمِ بِالنَّظَرِ إِلَى تَعْيِيْنِهِ
(Pembagian Isim Ditinjau Dari Segi Kejelasannya)
1.      Isim Ma’rifat
Isim Ma’rifat adalah isim yang sudah jelas penunjukannya Contoh:
عُمَرُ (Umar)                                     كِتَابُ مُحَمَّدٍ (Buku Muhammad)

Macam-macam isim ma’rifat
a.       Dhomir (kata ganti orang) Contoh: هُوَ – أَنْتَ – أَنَا
b.      Isim Isyaroh (kata penunjuk) Contoh: هَذَا – ذَالِكَ
c.       Isim Maushul (kata sambung) Contoh: اَلَّذِيْ- اَلَّذِيْنَ
d.      ‘Alam (nama orang) Contoh: عُمَرُ  – مُحَمَّدٌ  – خَدِيْجَةُ
e.       Isim yang ada alif dan lam Contoh: اَلْبَيْتُاَلْمِصْبَاحُ  – اَلْمَسْجِدُ
f.        6. Isim yang disandarkan pada isim ma’rifat yang lain Contoh: كِتَابُ مُحَمَّدٍ   -  صَاحِبُ البَيْتِ
Catatan:
1.      Isim Nakiroh biasanya mempunyai harokat akhir yang bertanwin Contoh: مُسْلِمٌ – مِصْبَاحٌ
2.      Nama orang walaupun bertanwin tetap dikatakan sebagai isim ma’rifat dan bukan sebagai isim nakiroh. Contoh: مُحَمَّدٌ – زَيْدٌ
3.      Apabila suatu isim disandarkan pada isim nakiroh, maka dia adalah isim nakiroh. Namun apabila disandarkan pada isim ma’rifat, maka dia adalah juga sebagai isim ma’rifat. Contoh:  كِتَابُ طَالِبٍكِتَابُ مُحَمَّدٍ
2.      Isim Nakirah
Isim Nakiroh adalah isim yang belum jelas penunjukannya Contoh: مُسْلِمٌ (Seorang muslim)           كِتَابُ طَالِبٍ (Buku seorang mahasiswa)



تَقْسِيْمُ الاِسْمِ بِالنَّظَرِ إِلَى نَوْعِهِ
(Pembagian Isim ditinjau dari segi jenisnya)
1. Isim Mudzakkar adalah isim yang menunjukkan jenis laki-laki
a.       Isim Mudzakkar Haqiqi
Isim yang berasal dari kelompok makluk hidup yang berjenis kelamin laki-laki.  Contoh: تِلْمِيْذٌ (Seorang siswa laki-laki)      أَسَدٌ (Seekor singa jantan)
b.      Isim Mudzakkar Majazi
Ism yang berasal dari kelompok benda mati yang dianggap berjenis kelamin laki-laki berdasarkan kesepakatan orang arab.
Contoh:  بَيْتٌ (Sebuah rumah)                قَمَرٌ (Bulan)
2. Isim Muannats adalah isim yang menunjukkan jenis perempuan
a.       Isim Muannats Haqiqi
Isim yang berasal dari kelompok makluk hidup yang berjenis kelamin perempuan.
Contoh:  مُدَرِّسَةٌ (Seorang pengajar perempuan)   هِرَّةٌ (Seekor kucing betina)
b.      Isim Muannats Majazi
Isim yang berasal dari kelompok benda mati yang dianggap berjenis kelamin perempuan berdasarkan kesepakatan orang arab
Contoh: دَارٌ (Sebuah perkampungan)    شَمْسٌ (Matahari)
3. Tanda-Tanda Isim Muannats Diantaranya:
a.       Isim yang diakhiri dengan ta’ marbuthoh Contoh: مَدْرَسَةٌ (Sekolah)    قَلَنْسُوَةٌ (Peci)
b.      مُدَرِّسَةٌ (Seorang pengajar perempuan) مُسْلِمَةٌ (Perempuan muslimah)
c.       Nama orang perempuan Contoh: مَرْيَمُ (Maryam)  زَيْنَب (Zainab) 
d.      Isim yang khusus untuk perempuan Contoh: أُمٌّ (Ibu) مُرْضِعٌ (Orang yang menyusui)
e.       Nama negara atau kota Contoh: إِنْدُوْنِيْسِيَا (Indonesia)  جُوْكْجَاكَرْتَا (Jogjakarta)
f.        Nama anggota badan yang berpasangan Contoh: عَيْنٌ (Mata)  يَدٌ (Tangan)
g.       Jamak taksir Contoh: كُتُبٌ (Buku-buku)  فِرَقٌ (Golongan-golongan)

Catatan:
Nama orang laki-laki, walaupun diakhiri dengan ta’ marbuthoh tetap dikatakan sebagai isim mudzakkar
Contoh : أُسَامَةُ (Usamah) مُعَاوِيَةُ (Mu’awiyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar